7 Dec 2015

Jangan Merasa Pintar




Beberapa hari yang lalu (29/10) , web-blog milik The British Psychological Society (BPS) mempublish sebuah review tentang hasil penelitian terbaru. Judulnya unik "feeling like you're an expert can make you closed-minded", atau kira terjemahannya "merasa ahli membuatmu menjadi orang dengan pemikiran tertutup".

Inti dari tulisan tersebut, jika kita "merasa ahli" di suatu bidang atau domain tertentu, maka kita akan menjadi pribadi yang ber-pemikiran tertutup: insecure, irritable, dan negative thinking.

Mungkin ini hikmahnya, bahwa Tuhan mewahyukan:
"dan jika kamu selesai (dari suatu urusan), maka bangkitlah (kerjakan yang lain)" (Al Insyirah 94:8)

Jika memang sudah menguasai suatu area keilmuan, jangan merasa cukup berhenti disitu. Tapi bangkitlah pelajari lagi yang lain, atau perdalam ilmu tersebut dari sisi lain.
Mungkin saja, ini yang menginspirasi Muhammad bin Musa Al-Khawarizmi hingga ia tidak berhenti menciptakan konsep aljabar, tapi hingga menjadi ahli astronomi dan geografi.
Atau pada Ibnu Haytsam, yang tidak saja ahli di bidang agama, tapi juga mempelajari medis, fisika, matematika, dan geometri.
Atau yang di zaman modern ini, ada Zakir Naik, yang tidak hanya penghapal quran, tapi juga ahli teologi, filsafat, dan juga dokter medis.

Secara implisit Tuhan sudah meminta kita untuk tidak merasa pintar, agar kita tidak closed minded, dan bisa berkembang dan melejitkan potensi yang ada.

Tuhan-lah Yang Maha Memberi Ilmu, Yang Maha Pintar. Kita tidak berhak merasa cukup.
Bisa jadi, itulah hikmah dari ayat selanjutnya, "maka hanya  kepada Tuhanmulah kamu berharap"

Mungkin saja… sebab saya bukan ahli tafsir.
Tapi setidaknya, saya dapat satu insight: baca terus, kembangkan diri terus. Dan jangan pernah merasa sudah cukup pintar!


**
Judul asli penelitian tersebut:
Ottati, V., Price, E., Wilson, C., & Sumaktoyo, N. (2015). When self-perceptions of expertise increase closed-minded cognition: The earned dogmatism effect Journal of Experimental Social Psychology, 61, 131-138


Sent from Mail for Windows 10
Previous Post
Next Post