8 Dec 2015

Cowok Juga Manusia


Setelah 3 pekan aktivitas yang melelahkan, akhirnya hari ini bisa juga kembali duduk manis dan santai di work desk. Di sela-sela waktu santai, saya iseng membaca laporan/publikasi WHO tentang suicide (bunuh diri), dan ada satu hal menarik yang bisa disimpulkan.

Ternyata, publikasi hasil research tersebut menunjukkan angka bunuh diri pada pria lebih besar daripada wanita. Walaupun tiap negara berbeda-beda, tapi rasionya secara global adalah 2:1.

Bahkan di UK, angkanya ternyata mencapai 3,5:1 (source: Office for National Statistics of UK). Di USA, angkanya juga tidak jauh berbeda, sekitar 3:1 (source: Centers for Disease Control and Prevention).

Apa sebab pria lebih cenderung bunuh diri? Walaupun laporan WHO tidak menjelaskan secara detail tentang adanya perbedaan angka antar gender tersebut, tapi secara general WHO menjelaskan bahwa salah satu penyebab bunuh diri adalah adanya stigma keliru. Stigma yang keliru bisa menyebabkan terjadinya resistance to change.

Saya pun teringat, dulu ada buku yang ditulis oleh Professor Herb Goldberg berjudul "The Hazards of Being Male: Surviving the Myth of Masculine Privilege", yang menjelaskan bahwa tingginya kecenderungan gangguan kesehatan mental pada pria disebabkan oleh stigma maskulinitas: cowok tidak boleh nangis, ga boleh pakai feeling, ga boleh ini, ga boleh itu, dsb. Seperti yang disampaikan oleh komedian Thomas Ward dalam Talkshow channel TV ABC: "up untill the age of 8 or 9, boys cry the same amount as girls… and then they get taught to stop. They are not allowed anymore".

Majalah Forbes pun pernah menerbitkan artikel, bahwa perempuan cenderung lebih sering mencari dukungan kesehatan mental dibanding pria.

So, mari kita berpikir ulang. Sebenarnya, siapakah yang lebih memerlukan pertolongan, mereka yang meminta pertolongan, atau mereka yang memendam dan menyangkal kelemahan diri mereka?

Menjadi maskulin adalah tentang integritas, jujur dan peduli terhadap keadaan internal diri, bukan malah menjadi sok kuat. Karena cowok juga manusia.

(publikasi WHO bisa di download di gdrive)

----
incefurqan.net | Sent from Mail for Windows 10

Previous Post
Next Post