1 Mar 2016

Aspek, Indikator, dan Faktor dalam Penelitian Psikologi



Salam.

Saya menuliskan ini, karena masih banyak kesalahpahaman dalam memahami ketiga terminologi tersebut. semoga bermanfaat...


1. Aspek
‎Aspek adalah "komponen" penyusun sebuah variabel. Artinya, sebuah variabel tidak akan lengkap/sempurna tanpa adanya keseluruhan komponen tersebut. 

Saya ambil contoh sebuah rumah. Maka aspeknya adalah pintu, jendela, tembok, atap, dan lantai. Kapan pun salah satu aspek tersebut tidak terpenuhi, maka tidak sempurna rumahnya.

Contoh variabel penelitian: kemampuan berbahasa.
Kemampuan berbahasa terdiri dari 4 aspek:
writing, reading, speaking, listening.
Seseorang akan bisa dikatakan mahir berbahasa Inggris, kalau mampu memenuhi keempat aspek itu. Tapi, jika ada seseorang yang mahir reading (bisa memahami bacaan in english), writing (mampu menulis dalam bahasa inggris dgn susunan tata bahasa yang tepat), dan listening (mampu memahami percakapan verbal dalam English), tapi ngomong nya belepotan (speaking nya kacau), maka kita sebut dia bisa berbahasa Inggris, tapi tidak sempurna. Karena dia tidak bisa memenuhi semua aspek secara sempurna.

2. Indikator
Indikator adalah tanda-tanda, ciri-ciri, dan gejala-gejala dari aspek. Artinya, indikator adalah sesuatu yang harus observable (dapat diamati). Indikator inilah yang akan menjadi item dalam skala.

Indikator ini menggambarkan secara spesifik kondisi sebuah aspek. 

Saya berikan contoh:
Variabel: stress
Aspek: kognitif, fisiologis, dan psikis
Indikator: 
- kognitif: sulit konsentrasi, pikiran kacau, dsb
- fisiologis: berdebar, napas tidak teratur, dsb
- psikis: galau, gelisah, dsb

3. Faktor
Faktor adalah hal-hal di luar variabel yang akan kita ukur, yang memengaruhi (menghambat, atau mendukung) variabel yang akan kita ukur tersebut.
Faktor bukanlah suatu hal yang menggambarkan variabel kita, tapi justru hal-hal yang akan memengaruhi variabel kita. 


4. Dimensi
Kita diajarkan bahwa dimensi sama dengan aspek. Tapi, yang saya pahami dari literatur teranyar dalam pengukuran psikologis, kedua hal tersebut berbeda. Saya masih belum memahami definisi "dimensi" secara baik. Tapi, definisi konsepsionalnya, dimensi adalah intensitas dan frekuensi dari sebuah indikator. 
Nah, karena saya juga belum paham, sementara kita skip penjelasan istilah dimensi deh ya :D hehehehe.

Kalau ada yang sudah paham, boleh tolong ajari saya please :)

dalam waktu dekat, saya akan posting mengenai pengukuran dalam psikologi. insya Allah



Best wishes...


source:
1. Price, Paul. Research Methods in Psychology: Core Concepts and Skills.
2. Michael, Robert. Measurement: Strategies for Educational Inquiry. Indiana University Bloomington (gunakan materi ini untuk memahami buku nomor 1)
3. Santoso, Agung. Statistik Psikologi. Sanata Darma (gunakan buku ini untuk menemukan terjemahan padanan kata yang tepat dari file nomor 2)
4. juga ada cukup lengkap di Weiner, Irving B. Handbook of Psychology: Research Methods in Psychology. Wiley Publisher. (kalau ga salah, buku ini ada di perpustakaan prodi)

Previous Post
Next Post