8 Feb 2015

Software Tabel Otomatis PSP 2015 (new update 13 Feb 2015)


UPDATE:
Seluruh file mini software otomatis yang ada di sini, telah digabung menjadi satu agar tidak ribet.

silakan unduh filenya di sini


=========================

Software Tabel T, R, dan F

untuk menginterpretasi signifikansi beberapa uji dalam PSP, kita memerlukan perbandingan antara nilai hasil hitung, dengan nilai tabel.

sebenarnya, tabel r, f, dan t sudah banyak tersebar dan dapat dengan mudah kita cari di internet. tapi,
saya kemudian berpikir, kalau bisa dibuat template hitungan yang otomatis berdasarkan rumus yang sama, kenapa harus mencari dengan tabel? :)

pemikiran tersebut akhirnya menjadikan saya membuat template otomatis ini menggunakan microsoft excell. dengan template ini, kita tinggal menginput jumlah sampel, maka akan langsung keluar nilai tabel yang diinginkan.


saya sudah mencoba beberapa kali membandingkan dengan nilai tabel yang tersedia di internet, dan hasilnya sama. tapi, jika teman-teman ada menemukan kesalahan, mohon sampaikan kritiknya melalui komentar. thank you.

 ===========================

NEW: Tabel Kategorisasi Otomatis



pelatihan telah berlangsung beberapa kali pertemuan. dan alhamdulillah, tidak ada kendala yang berarti. tapi, ketika saya kembali mereview soal laporan PSP, saya berpikir sepertinya ada satu lagi yang bisa kita permudah dalam bentuk hitungan otomatis excell: tabel kategorisasi.

'penampakan' tabel kategorisasi adalah seperti berikut

memang, hitungan untuk menghitung angka-angka skor dalam kategorisasi itu, bukanlah angka yang sulit. hanya corat-coret di atas kertas pun bisa kita dapatkan hasilnya.

tapi, jika bisa dibuatkan template otomatis, tentu lebih menghemat waktu kan?
kita tinggal mengisi nilai Mean Hipotetik, dan SD Hipotetik di kotak yang sudah disediakan.
maka, interval setiap kategori akan terisi dengan sendirinya.





so, feel free to enjoy this :)


===========================

NEW: Mean dan SD Hipotetik Otomatis

ketika baru saja merevisi artikel ini dengan tabel kategorisasi otomatis, saya tertantang lagi utk membuat satu template lainnya, yaitu template otomatis untuk menghitung SD dan Mean Hipotetik.

seperti template otomatis sebelumnya, kita tinggal memasukkan angka pada kolom-kolom yang diperlukan, dan kemudian, voila.... SD dan Mean Hipotetik langsung muncul. angka SD dan Mean Hipotetik ini, nanti akan digunakan dalam tabel kategorisasi.

seperti saya sampaikan sebelumnya, sebenarnya ini bukanlah hal yang extra-ordinary ya. rumus dalam hitungan ini sangat mudah. tapi, dengan adanya tabel ini, mungkin bisa lebih mempercepat kinerja kita dalam menyusun laporan penelitian.

walaupun ada template otomatis ini, tapi saya berharap teman-teman tetap bijak, dengan tetap  memahami dan mempelajari teori serta rumus hitungannya. ini hanyalah alat bantu untuk mempercepat kinerja kita, bukan alat untuk menumpulkan ketajaman teori dasar kita. :)

be wise, semoga bermanfaat... :)



***
artikel ini adalah bagian dari rangkaian tentang Mata Kuliah PSP 2015.
visit artikel lainnya (diurutkan berdasarkan prioritas):
1. Panduan SPSS PSP 2015
2. Pelatihan SPSS PSP 2015
3. Software Tabel Otomasi PSP 2015
Previous Post
Next Post