30 Jun 2015

Panduan Psikologi Kuantitatif Korelasional (PSP)

REVISED EDITION

lihat komentar untuk informasi revisi :) terima kasih.

Preface

rencananya, saya akan terjun membantu proses pengajaran atau pelatihan SPSS utk mata kuliah Penyusunan Skala Psikologi tahun 2015 ini. memang, setiap tahun selalu akan ada peningkatan kualitas atau level kesulitan tugas-tugas metpen, untuk menghindari plagiarism. 

tapi ternyata tantangannya utk pengajar atau pelatih adalah, uniformity dari konsep/metode/teknik uji statistik yang digunakan. untuk meminimalisir hal tersebut, maka saya mencoba menyusun panduan pengajaran sebagai pegangan pengajar/pelatih SPSS, dibawah pengawasan dosen pengajar ybs.

di tengah penyusunan, saya malah berubah intensi. sebab, kalau dipikir-pikir, bukankah lebih baik sekalian disusun dalam bentuk panduan step praktis utk teman-teman mahasiswa? terlebih lagi, beberapa metode sudah pernah saya posting di blog ini.

 so, akhirnya saya mengubahnya menjadi seperti bentuk yang saya share ini.

saya harap, ada masukan dan komentar membangun dari teman-teman semua ya, khususnya teman psikologi unmul. semoga bermanfaat :)

Content

"Modul" ini berisikan:
1. Uji Validitas
2. Uji reliabilitas
3. Statistik Deskriptif 
4. Uji asumsi: Normalitas 
5. Uji asumsi: Linearitas 
6. Uji asumsi: Multikolinearitas 
7. Uji asumsi: Heteroskedastisitas
9. Uji hipotesis (Regresi Linier) 

tiap bab pembahasan tersebut terdiri dari (a) langkah penghitungan melalui SPSS, (b) kaedah interpretasi hasil uji hitung, dan juga (c) format penyajian tabel pelaporan hasil hitung.

silahkan akses filenya disini (underconstruction)



***
artikel ini adalah bagian dari rangkaian tentang Mata Kuliah PSP 2015.
visit artikel lainnya (diurutkan berdasarkan prioritas):
1. Panduan SPSS PSP 2015
2. Software Tabel Otomasi PSP 2015
Previous Post
Next Post