22 Aug 2015

tipSPSS: Mengganti Nama Multiple Variabel


Salam.

Dalam mengolah data menggunakan program SPSS, terkadang kita dihadapkan dengan banyaknya variable yang harus diolah. Terutama ketika kita mengolah data untuk analisa aitem test (konstruksi test). Sebagai contoh, ketika saya menganalisa sebuah test dengan jumlah total 50 soal, maka paling tidak, saya memiliki 50 variable dalam SPSS saya kan?


Variablenya ada 50, plus 1 variable untuk penjumlahan total 

Sebenarnya sih tidak ada masalah dengan tampilan VAR00001, dst. Tapi, buat saya ketika saya mulai mengolah banyak data tersebut, sepertinya tampilan-tampilan itu menyakitkan mata. Saya lebih suka jika nama variable benar-benar merepresentasikan contentnya. Saya lebih suka jika di data konstruksi test tertera nama "AIT01", "AIT02", dst. 

Tapi, jika harus mengganti satu-persatu nama variable hingga 50, wah, itu bukan cara yang efisien. Ga gue banget.

Dan sebenarnya ada cara instan untuk mengatasi hal tersebut. cara tersebut adalah dengan menggunakan syntax. Syntax adalah "ruang" untuk kita membuat perintah dalam bentuk script, sesuai dengan keinginan yang kita butuhkan. Persis seperti macro command di Excel milik Microsoft. 

Cara mengganti nama banyak variabel secara sekaligus, adalah sebagai berikut:

1. click FILE – NEW – SYNTAX, maka nanti akan muncul window syntax SPSS.



2. dalam window syntax tersebut, masukkan script perintah seperti berikut (perhatikan spasi, karena spasi juga berpengaruh)

RENAME VARIABLES (VAR00001 TO VAR00015 = AIT01 TO AIT15)

Tulisan yang berwarna hijau adalah nama variable asal yang ingin diubah. Sedangkan tulisan yang berwarna biru adalah nama target variable setelah diubah. Perlu diperhatikan, range variable yang diubah juga harus tepat. Jika variable asal berjumlah 15 (VAR0001 – VAR0015) maka target tujuan juga harus tepat (1-15). 

tampilan jendela syntax.
dilingkari merah: tombol untuk run command script 

3. setelah script perintah sudah benar, lalu klik RUN yang berfungsi untuk menjalankan script tersebut. maka anda akan dipindahkan ke windows output. Jika semua benar dan berjalan lancar, maka output akan menampilkan pesan: 

RENAME VARIABLES (VAR00001 TO VAR00015 = AIT01 TO AIT15)

lalu, buka dataview anda, dan voila! variable name anda sekarang sudah terganti semua. 

Feel free to discuss
Semoga bermanfaat. 
---
Ince Ahd Furqan
Previous Post
Next Post