31 Dec 2014

Menjaga Hidayah

"Sesungguhnya orang yang kembali ke belakang, setelah hidayah petunjuk itu jelas bagi mereka, syaitan telah menjadikan mereka mudah membuat dosa, dan memanjangkan angan-angan mereka" (47:25)

Hikmah:
Orang-orang yang kembali kepada kejahilan, kesesatan, padahal mereka telah mendapatkan dan merasakan petunjuk sebelumnya, jika mereka mengikuti hawa nafsunya maka akan terjerumus lah ia dalam angan-angan, dan menjadi semakin mudah untuk membuat dosa.

Apa tujuan dari fenomena tersebut? Dijelaskan dalam surat yang sama, "dan sungguh Kami akan menguji kamu, sehingga kami mengetahui orang-orang yang benar mujahadah dan bersabar diantara kalian; dan akan kami uji perihal kamu" (47: 31)

Bahwa, Allah ingin menguji siapa diantara manusia, yang bersungguh dan bersabar atas hidayah yang dipegangnya, dan tidak kembali kebelakang mengikuti rayuan syaitan.

Oleh itulah, kita diajarkan do'a, "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau condong kan hati kami kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakan kami rahmat dari sisiMu, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi" (3:8)

Tuhan, bantulah kami hamba yang lemah ini.
Wallahu a'lam

Dikirim dari ponsel cerdas BlackBerry 10
Previous Post
Next Post