14 Apr 2015

3 Alasan Opsi "Ragu-ragu" dalam Likert Dihilangkan


skala likert



Modifikasi skala menjadi empat alternatif jawaban dengan meniadakan kategori jawaban 'ragu-ragu' (di tengah), berdasarkan tiga alasan:

Pertama, kategori undecided itu mempunyai arti ganda, bisa diartikan belum mempunyai jawaban atau keputusan; bisa juga diartikan netral, yaitu: setuju pun tidak, tidak setuju pun tidak (namanya juga ragu-ragu). Kategori jawaban ini bisa bermakna ganda (multi interpretable). Tentu tidak diharapkan dalam suatu instrument.

Kedua, tersedianya opsi yang di tengah ini menimbulkan kecenderungan jawaban ke tengah (central tendency effect), terutama bagi mereka yang ragu-ragu atas kecenderungan jawaban, antara memilih ke arah setuju ataukah tidak setuju. intinya, dengan adanya opsi ragu-ragu, subjek jadi terpancing untuk memilih opsi 'ragu-ragu' tersebut.

Ketiga, maksud kategori SS-S-TS-STS adalah terutama untuk melihat kecenderungan pendapat responden, ke arah setuju atau tidak setuju. Jika disediakan kategori jawaban tengah, maka akan menghilangkan banyak data penelitian sehingga mengurangi banyaknya informasi yang dapat dijaring dari responden. walaupun statistically bisa dihitung, tapi hadirnya 'ragu-ragu' bisa memicu efek domino yang hasil akhirnya berpengaruh pada informasi korelasi dari variabel yang kita ukur.

semoga bermanfaat.
---

Ince Ahd Furqan
Previous Post
Next Post